STEREO C.M.

TATA RUANG : TEORI, INFORMASI, DAN OPINI

Thursday, June 27, 2013

IVAN NESTORMAN : MUSISI ETNIK JAZZ

Ivan Nestorman
Ivan Nestorman
Ivan Nestorman memang bukanlah seorang musisi yang begitu terkenal di antara penikmat musik tanah air. Dia memang tidak tampil dalam acara-acra musik di stasiun televisi nasional, sehingga kalah populer dari musisi-musisi yang sering tampil dalam acara di televisi. Tetapi diantara klangan musisi di Ibukota, khususnya para musisi jazz Ivan Nestorman bukanlah orang asing. Selain itu ada hal unik lain yang dimiliki musisi asal pulau Flores ini. Mengetahui dia adalah seorang musisi dengan genre jazz saja itu sudah unik, karena pada umumnya orang Flores lebih menyukai jenis-jenis musik yang lebih mudah diterima telinga. Tetapi Ivan memilih menjadi musisi jazz, sehingga bahkan di tanah Flores saja namanya kurang populer dibandingkan dengan musisi lokal.

Tapi apa yng membuat seorang Ivan begitu unik??? Yang unik dari seorang Ivan Nestorman adalah memadukan unsur etnik Flores dan musik jazz. Setiap lagu yang ia ciptakan selalu dinyayikan dalam bahasa daerah dan dipadu dengan musik jazz. Ketika dalam band Nera bersama Gilang Ramadhan ia tetap konsisten dengan warna musik etnik jazz. Bahkan bukan hanya dalam bahasa daerah kelahirannya saja, akhir-akhir ini ia juga menciptakan lagu dengan warna etnik jazz dengan bahasa lain daerah lain yang ada di Flores dan bahkan ia memadukannya.

Sebenarnya ia adalah orang yang punya visi besar. Dibalik ia memilih warna musik etnik jazz ia berusaha memperkenalkan kekayaan budaya dan keindahan alam yang ada di pulau Flores. Dengan kata lain Ivan ingin lebih mempopulerkan Flores. Baginya dibalik sebuah lagu harus ada pesan yang disampaikan kepada orang lain. Selain itu juga ia juga ingin memperkenalkan warna musik jazz kepada masyarakat Flores. Sehingga berkat ketekunannya selama ini, lagu-lagunya yang kental bernuansa jazz sudah bisa diterima oleh masyarakat Flores.

Itu sekilas tentang Ivan Nestroman, musisi unik asal Flores. Untuk mengetahi bagaiman nuansa musik etnik jazz ala Ivan Nestroman kalian dapat melihat video berikut.


Itu tadi adalah lagu dari Nera berjudul Samo Lime, dan setelah saya cari-cari di youtube ternyata ada video lainya dari Nera dengan judul Mori Sambe, jika ingin melihat anda cukup klik di sini.

No comments:

Post a Comment